Posted on

Catatan Kecil Buat Windows 8 Consumer Preview

Beberapa catatan abis nyobain Windows 8 Consumer Preview.

Kelebihan dan hal-hal baru:
1. Booting yang cepet, malah jauh lebih cepat daripada beberapa versi sebelumnya.
2. Start menu yang baru, beda banget sama versi-versi sebelumnya. (Tombol start menu dilenyapkan)
3. Windows Explorer dengan tampilan baru, adanya Ribbons Toolbar (kayak yang udah ada pada Office 2007 ke atas).
4. Internet Explorer versi 10 (masih beta).
5. Support hampir semua software, termasuk driver yang bisa jalan di Windows 7 ke bawah.
6. Game Solitaire dan munculnya kembali Game Pinball yang baru.
7. Lumayan ringan untuk dijalankan (kalau di laptop gue), ga jauh beda ama Windows 7.
8. Ada aplikasi baru buat mutar audio & video (agak mirip player audio/video di Windows Media Center), picture viewer, PDF & XPS viewer, camera web cam, dan beberapa aplikasi lain yang berbasis internet.
9. Task Manager dengan wajah baru dan sejumlah fitur baru.
10. Antivirus bawaan, Windows Defender udah otomatis termasuk dan aktif. Cukup ampuh membunuh beberapa virus yang gue temui.
11. Sedikit lebih ringan pas buka video HD.
                                                       Start Menu & beberapa new update fitur
                                                      New video player

Selain itu, at least dari segi penampilan Windows 8 ga jauh beda sama Windows 7. Untuk pemutar media, tetep pakai Windows Media Player 12 & Windows Media Center yang juga ga ada penambahan berarti. Ga ada penambahan file media baru yang disupport play, jadi gue tetep mesti install codec pack kayak K-Lite.

Yang namanya preview/beta release mesti masih banyak problem/bug yang bakal ditemui. Ini beberapa dari yang gue temui:
1. Dual boot yang terintegrasi, namun bener-bener gagal. Gue install Windows 8 Consumer Preview di partisi beda dan sebelumnya gue udah punya Windows 7. Jadi, niatnya pengen dual boot tuh, eh malah Windows 7 gue yang ga bisa lagi booting. Udah gue coba berkali-kali repair tapi tetep ga berhasil juga. Sampai sekarang gue masih “terjebak” (dan belum nemu solusi, selain format ulang dan install ulang) di Windows 8 yang masih belum final release, dan (menurut gue) inilah masalah terbesar (bug utama) yang gue temui di Windows 8 Consumer Preview.
2. Task Manager yang kadang susah kadang gagal buat matiin proses aplikasi yang not responding, bahkan ga jarang malah Task Manager-nya sendiri yang crash dan not responding.
3. Sering banget muncul kayak di gambar ini:

4. Antivirus Windows Defender yang kadang overprotektif ketika kita explore folder terutama kalo ada file *.exe di dalamnya. Ga jarang komputer dibuat hang gara-garanya, apalagi kalo file-nya ada di dalam media CD/DVD, bisa lebih parah. Matiin komputer paksa kalo udah gini.

Itulah sedikit catatan atas review gue buat Windows 8 Consumer Preview, mungkin teman-teman punya catatan lebih dari apa yang belum gue alami.

Bagi yang pengen nyobain Windows 8 ini, silah masuk ke sini!!

About Go to cyberhc-alV-hc

I'm boy, single, and just an ordinary human..

4 responses to “Catatan Kecil Buat Windows 8 Consumer Preview

  1. sarlito ⋅

    q uda install WCP… dualboot sm win7 g ada masalah…. cuma 1, explorer WCP sering macet, hrus di restart… klo ada cara penenganannya mohon di share… atur nuhun…

    • itu yg gue bingung, banyak yg bilang kalo dual boot sama Windows 7 pada gagal total, tp ada juga yg bilang berhasil…bingung gue..:-D
      kalo masalah explorer macet, kayaknya ada hubungannya sama problem no. 4 di atas, coba Windows Defender-nya di matiin aja, ganti sama AV yg lain…

  2. Dheny Zhepty ⋅

    wah bgus gan tampikanya,., tp yang namaya preview jelas g optimal lah,., gw kmren udah nyobain ne wcp, tp adobe photoshop, corel, nero g mw instal,., error mlu,., restart sndiri pas instalasi,., mg2 aj windows yg final bis alebih mantab gan,., juga males sama tampilanya metro yang cuma kaya balok gitu,., nggak transparant deh,.,

Leave a Reply

